ASPEK HARGA
Harga merupakan aspek penting dalam strategi marketing. Penentuan
harga menjadi sangat penting untuk
diperhatikan, mengingat harga merupakan salah satu pilihan konsumen untuk
membeli atau tidak. Penentuan harga dimaksudkan untuk memaksimumkan laba,
memperbesar market share, bertahan hidup dan menyangkut pesaing. Penetapan
harga produk adalah market penetration pricing, yaitu menetapkan harga yang
serendah-rendahnya (dengan catatan tetap menguntungkan), dengan tujuan untuk menguasai
pasar. Adapun metode penetapannya menggunakan cost plus pricing dengan (mark
up), yaitu: Harga dengan mark up = Harga pokok (unit)/(1-laba yang diinginkan).
Adapun harga produk dapat dimodifikasi dangan metode tertentu.
- Menurut pelanggan, yaitu berdasar pelanggan tetap atau pembeli biasa.
- Menurut spesifikasi produk.
- Menurut jenis bakery.
- Menurut cara pembayaran (tunai/kredit)
Untuk harga dadar gulung yang saya jual kepada para konsumen adalah
Rp 3.000,00/pcs. Kalau ada konsumen yang membeli dadar gulung sebanyak 2 pcs
biasanya saya jual dengan diskon harga menjadi Rp 5.000,00/2pcs.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar